Header Ads

Header ADS

Lima Tips Mudah Mencari Informasi Lowongan Kerja Saat Ini

Lima Cara Mudah Mencari Info Lowongan Kerja Saat Ini

Mencari kerja memang tidaklah mudah, namun bukan berarti kita harus berhenti berusaha kan? Nah, Dengan  perkembangan teknologi yang sudah ada pada saat ini, kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi lowongan pekerjaan dengan cepat dam mudah.

Ada beragam cara seta trick yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan informasi lowongan kerja, baik secara Offline atupun Online. Kini tinggal bagaimana cara Anda untuk berusaha mendapatkan informasi posisi kosong di sebuah perusahaan yang diincar.

Cara apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mendaptakan informasi ini? Berikut adalah Tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapat informasi lowongan kerja yang di harapkan.

Iklan Srat Kabar seperti Koran

Mencari informasi lowongan kerja melaui iklan dari media massa seperti koran merupakan salah satu cara yang cukup tradisional dan sudah dilakukan sejak era orang tua kita dulu. Sebagian besar surat kabar sampai saat ini masih menampilkan iklan lowongan kerja setidaknya beberapa kali dalam sepekan.

Biasanya, iklan lowongan kerja tersebut disusun pada kolom serta baris yang cukup rapat dan memuat persyaratan tertentu untuk posisi pekerjaan tersebut. Jika menemukan lowongan kerja menarik dan sesuai dengan keahlian serta passion, segeralah coba untuk mendaftar.

Ciptakan Relasi Pertemanan

meminta rekomendasi kerja
Jangan pernah abaikan undangan acara resmi yang berpotensi memperkuat tali silaturahmi serta memperluas jaringan. Anda bisa saja mendapatkan berbagai informasi lowongan pekerjaan mulai dari acara halal bihalal bersama sahabat lama, himpunan alumni sekolah, hingga pertemuan para senior profesional dibidang yang di geluti.

Jika tidak memiliki waktu untuk menghadiri seluruh undangan tersebut, maka pilihlah acara yang dihadiri oleh orang yang bekerja di perusahaan yang sedang Anda incar. Gunakan keterampilan komunikasi Anda untuk mendapatkan informasi, atau bahkan referensi serta rekomendasi untuk mendapat pekerjaan di bidang pekerjaan tertentu. Jika tidak menemukan pekerjaan, mungkin Anda bisa mendapatkan partner untuk memulai mengelola bisnis milik Anda sendiri.

Situs Resmi untuk mencari Lowongan Kerja

rekruiter dan linkedin
Di era digital saat ini, Anda dapat memanfaatkan berbagai situs atau website lowongan kerja untuk mendapatkan informasi atau posisi kosong di suatu perusahaan. Platform ini sangatlah membantu, tidak hanya menyediakan informasi lowongan kerja, namun juga informasi terkait nominal gaji pasaran untuk posisi yang diincar.

Mencari pekerjaan dengan menggunakan situs lowongan kerja sebetulnya lebih efissien dan juga murah karena Anda tidak membutuhkan persyaratan yang terlalu rumit. Anda hanya harus mengunggah CV milik Anda, kemudian mengisi bidata diri secara online.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan informasi pekerjaan yang sesuai dengan lebih cepat dan efissien berdasarkan kategori keahlian pekerjaan yang sudah Anda kuasai atau inginkan. Dengan mencari pekerjaan berdasarkan kategori tersebut, maka Anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk membaca ataupun menyusuri seluruh iklan lowongan pekerjaan yang sudah tersedia. Pencarian kerja melalui situs seperti ini akan terasa lebih cepat dan mudah.

Salah satu website situs lowongan pekerjaan yang dapat Anda gunakan saat ini ialah situs jobs.id. Situs lowongan kerja ini menyediakan berbagai macam posisi pekerjaan dari ratusan bahkan ribuan perusahaan di seluruh daerah Indonesia. Bila anda belum pernag menggunakannya, Anda juga bisa mulai mendaftar di jobs.id dan temukan pekerjaan yang paling cocok untuk karir Anda.

Gunakan Media sosial

menghindari-lowongan-kerja-palsu-di-internet-566a409da4a00

Anda juga dapat memanfaatkan beberapa media sosial seperti Twitter, Linkedin, hingga Facebook untuk mencari informasi pekerjaan. Terkadang, Anda dapat mengetahui pengumuman lowongan kerja dari beranda akun teman yang sduah bekerja di perusahaan tertentu.

Anda juga bisa mendapatkan informasi dari akun media sosial resmi milik perusahaan yang sudah Anda ikuti. Akan tetapi, apabila tujuan utama anda ialah untuk mencari kerja, maka peluang terbesar yang bisa Anda dapatkan ialah dari media sosial khusus pencari kerja profesional seperti LinkedIn.

Agar bisa mendapatkan pekerjaan lewat media sosial, khususnya LinkedIn, maka Anda mesti mengedit akun pribadi milik anda. Lengkapi biodata serta keterangan diri, pasang foto yang bagus serta rapih, dan juga jangan lupa untuk menuliskan gambaran singkat mengenai diri anda pada kolom summary untuk memberikan kesan awal yang baik dan menarik. Setelah membuat akun profil LinkedIn, lalu mulailah untuk membuat jaringan bersama orang-orang yang bekerja di salah satu perusahaan impian Anda.

Mengikuti Job Fair yang sedang berlangsung




Apa yang Harus Dilakukan Setelah Mengikuti Job Fair?
wawancara di Job Fair
Mengikuti job fair adalah salah satu alternatif yang cukup banyak dipilih oleh beberapa jobseeker untuk menemukan lowongan kerja yang di harapkan. Dalam sebuah job fair, biasanya terdapat banyak perusahaan yang membuka booth untuk mencari serta merekrut para pegawai baru.


Umumnya, konsep recruitmen di job fair masih menggunakan sistem drop CV. Dengan cara ini, kandidat yang sudah datang melamar wajib menyimpan CV yang mereka bawa di booth perusahaan. Bisa dibayangkan, apbila terdapat 30 perusahaan yang Anda lamar, maka sudah berapa biaya yang mesti Anda keluarkan? Selain itu, banyaknya pengunjung yang datang membuat para rekruter dan kandidat terpilih tidak dapat berinteraksi dengan baik.

Nah, Dengan beberapa pilihan alternatif untuk mencari lowongan pekerjaan yang sudah di bahas di atas, tentunya saat ini akan terasa lebih mudah bagi Anda untuk mencari peluang lowongan pekerjaan yang lebih baik. Selamat mencoba dan jangan pernah menyerah dalam menemukan karir impian Anda ya.

Selanjutnya, baca juga artikel terkait :
Sering gagal mendapat pekerjaan baru? berikut tips supaya tetap termotivasi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.