Header Ads

Header ADS

Mendapat Panggilan Interview Kerja? Silahkan Cek Beberapa Hal Berikut Ini

Mendapat Panggilan Wawancara Kerja? Cek Beberapa Hal Ini

Ketika anda mendapatkan panggilan wawancara kerja, pasti Anda langsung mencatatnya didalam agenda. akan tetapi, jangan sekedar menulis tanggal dan waktunya saja, Anda juga harus melakukan pengecekan lainnya. Pastikan Anda sudah mengetahui lokasi tempat wawancara secara detail serta cara untuk mencapai lokasi tersebut.

Mengapa mengkonfirmasi wawancara kerja sangat penting? karena bisa saja anda melakukan kesalahan serta melewatkan kesempatan emas tersebut. Mungkin saja Anda pernah melihat seseorang yang datang ke tempat wawancara kerja diwaktu atau hari yang salah. Atau mungkin ada kerabat Anda yang tidak mengetahui lokasi perusahaan secara detail hingga datang terlambat. Hal ini tentu saja bisa terjadi pada diri anda sendiri. Berikut ini beberapa hal yang patut Anda cek sebelum memutuskan untuk datang ke lokasi wawancara kerja :

Periksalah rincian jadwal wawancara kerja

Anda mungkin saja mendapatkan undangan wawancara melalui Surel (surat elektronik) atau melalui telepon. Apabila Anda hanya mendapatkan e-mail, dan ingin mengetahui beberapa hal detail secara lebih lanjut, maka jangan merasa sungkan untuk menelfon nomor kontak yang tertera pengirim e-mail.

Ketika anda menghubungi seseorang dari perusahaan, Atau menerima panggilan dari pihak perusahaan, Anda harus menanyakan perihal lokasi wawancara secara detail. Pastikan Anda sudah mengetahui Alamat jalan, nomor gedung, dan jika perlu silahkan meminta petunjuk bangunan besar yang terkenal untuk di jadikan patokan. Sebagian orang umumnya akan berbaik hati dan memberi tahu Anda mengenai cara serta kendaraan umum apa saja yang dapat digunakan untuk mencapai lokasi wawancara kerja yang dituju. Bahkan ada pula sebagian orang yang memberikan tips serta trik supaya Anda memilih kendaraan dan jalur alternatif yang terhindar dari kemacetan.

Selain lokasi serta alamat lengkap, Anda pun bisa menanyakan perihal nama orang yang akan menjadi pewawancara anda di kantor nantinya. Nama pewawancara dapat Anda gunakan untuk  “akses masuk” sehingga dapat melewati meja recepsionist dengan lebih mudah. Selain itu, Anda pun perlu menanyakan ruangan serta nama departemen yang akan dijadikan tempat untuk interview kerja. Pastikan seluruh daftar tersebut sudah dicatat dalam buku agenda anda.

Petakan arah menuju tempat wawancara kerja

Apabila mendapatkan undangan interview di tempat / lokasi yang belum pernah anda kunjungi, jangan lupa untuk memastikan lokasi menggunakan peta. Anda dapat memanfaatkan aplikasi smartphone seperti Waze atau Google Maps sebagai panduan untuk mengetahui petunjuk arah menuju lokasi yang hendak dikunjungi. Anda bisa mencapai tempat tujuan dengan beragam cara, bisa dengan mengendarai kendaraan pribadi, berjalan kaki (bila dekat), atau transportasi umum. Pilihlah cara yang paling efisien serta sesuai bagi Anda.

Apabila merasa tidak yakin dengan petunjuk arah yang didapatkan dari aplikasi smartphone, Anda juga dapat melakukan survei langsung ke lapangan. Lakukan uji coba dengan cara mngunjungi lokasi wawancara jauh sebelum hari H. Anda dapat menghitung sendiri berapa lama waktu perjalanan yang dibutuhkan, kondisi kemacetan disekitar wilayah kantor, serta posisi kantor secara presisi. Dengan begitu, tentunya anda sudah bisa memperhitungkan waktu yang dibutuhkan, sehingga kelak Anda tidak akan datang terlambat ketika hari wawancara kerja tiba.

Rencanakan waktu ekstra

Meski anda sudah mengtahui berapa lama waktu perjalanan untuk mencapai lokasi interview kerja, Anda tetap harus merencanakan beberapa waktu tambahan. Misalkan, waktu tempuh dari rumah anda ke lokasi sekitar 2 jam, maka Anda dapat berangkat dari rumah lebih awal, sekitar dua jam atau dua setengah jam sebelum jadwal wawancara berlangsung.

Hal tersebut perlu anda lakukan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin saja terjadi selama perjalanan anda. Misalkan, terjadi kecelakaan dijalur yang hendak dilalui, macet, dan lain sebagainya. Apabila tidak ada gangguan berarti selama perjalanan berlangsung, dengan memiliki waktu tambahan, tentunya Anda akan memiliki beberapa menit untuk mempersiapkan diri dan memastikan siap menghadapi sesi wawancara, hal ini juga dapat membantu mencegah tekanan pada diri anda akibat terburu-buru.

Selanjutnya , silahkan baca juga artikel terkait : 7 tips menjawab pertanyaan paling sulit saat interview kerja

Untuk Join Grup Info Loker Jakarta di Whatsapp bersama Ribuan member Lainnya, silahkan Klik Link / Tautan  Berwarna Biru bertuliskan “Info Loker DKI Jakarta” Dibawah ini :
Info Loker D.K.I Jakarta
Info Loker D.K.I Jakarta
Info Loker D.K.I Jakarta

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.