Header Ads

Header ADS

Sering Gagal Mendapat Pekerjaan Baru? Berikut Tips supaya Tetap Termotivasi

Selalu Gagal Mendapat Pekerjaan Baru? Begini Cara agar Tetap Termotivasi
Proses mencari pekerjaan memang tidak selalu membuahkan hasil pada beberapa kesempatan. Para jobseeker bisa saja gagal berulang kali sebelum mendapatkan pekerjaan serta perusahaan yang cocok.
Masalahnya, menghadapi penolakan yang terlalu sering terkadang dapat membuat semangat serta menta; mencari pekerjaan menjadi drop. Berikut beberapa tips supaya Anda tetap bersemangat serta termotivasi dalam mencari kerja.

Coba Memperbaiki Diri

merayakan keberhasilan

sumber: Fancycrave.com
Ketika semua usaha yang dilakukan gagal, hal pertama yang harus Anda lakukan ialah mencoba introspeksi diri. Anda dapat menelusuri kembali semua upaya yang pernah anda akukan untuk mendapatkan pekerjaan. Apakah ada yang sekiranya kurang?
Jika sudah menemukan titik kesalahan atau kekurangan, Anda dapat memperbaikinya. Mungkin Anda dapat memoles curriculum vitae, meminta referensi tambahan, atau menambahkan keahlian. Setiap Anda melakukan perbaikan, maka anda akan semakin termotivasi untuk melakukannya lebih baik lagi.

Meminta Kritik Saran yang Membangun

Pendukung terbesar ialah orang-orang yang mengetahui tentang potensi dalam diri Anda sekaligus juga dapat memberikan kritik pedas yang jujur dan membangun. Mereka bisa saja rekan kerja, dosen pembimbing, ataupun atasan dari perusahaan sebelumnya.
Anda dapat meminta saran serta masukan dari mereka terkait resume ataupun tips dalam menghadapi wawancara kerja. Anda juga dapat meminta mereka untuk memberikan masukan / pendapat terkait kelebihan serta kekurangan dalam diri anda yang menyebabkan kegagalan. Kritik serta saran tersebut dapat membuat Anda menjadi lebih termotivasi untuk terus maju danberkembang.

Membaca Buku/Novel Motivasi

Pergilah ke perpustakaan di kota atau toko-toko buku terdekat untuk mencari bacaan serta referensi yang membangkitkan semangat juang.
Carilah buku yang menyajikan cerita inspirasi ataupun mengandung quotes yang bagus, sehingga dapat membuat Anda merasa termotivasi untuk mendapat pekerjaan. Kisah tentang perjuangan seseorang yang sudah berkali-kali mengalami jatuh bangun mengejar impian dapat membuat Anda sadar jika kegagalan yang anda alami kali ini bukan akhir dari segalanya.

Mencari Panutan dalam Berkarir

Anda juga dapat meminta motivasi dari orang yang sudah mendapatkan pekerjaan impiannya. Anda dapat membuka akun medsos profesional, lalu menelusuri akun / profil seseorang yang kini sudah menduduki posisi yang di impikan, anda bisa melihat perjalanan karirnya semasa hidup. Terkadang, seorang manajer di bidang marketing / pemasaran, sebelumnya juga pernah menekuni profesi dibidang yang lain ketika mulai memasuki dunia kerja.
Jika bisa, Anda juga dapat mencoba terhubung dengan orang-orang tersebut untuk meminta saran. Saran dari mereka dapat memotivasi diri Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian.

Menulis Tujuan Karir yang di Impikan

Setiap orang pasti punya impian. Akan tetapi, sebagian orang tidak mau repot-repot membebani diri sendri dengan target untuk mencapai tujuan tersebut karena takut kegagalan. Disaat Anda sedang terpuruk karena tdiak kunjung mendapatkan pekerjaan, coba deskripsikan tiap keinginan anda dalam karir . baik besar,maupun kecil-dalam kurun 5 s/d 10 tahun mendatang.
Menuliskan cita-cita seperti ‘memaksa’ diri anda untuk berpikir mengenai hal-hal yang perlu dicapai dalam hidup. Namun, daftar tersebut juga dapat memotivasi Anda. Dengan melihat catatan tersebut, Anda dapat menyusun rencana / strategi serta langkah-langkah anda kedepannya demi mencapai tujuan.
Selanjutnya, baca juga : Tips untuk mengidentifikasi keaslian lowongan kerja

Merayakan Setiap Momen Keberhasilan


Introspeksi
sumber: Fancycrave.com
Meski belum berhasil mendapatkan pekerjaan yang di impikan, Anda dapat merayakan setiap kemajuan yang sudah terjadi selama proses pencaharian kerja. Misalkan, jika kali ini Anda sudah berhasil tembus sampai ke sesi wawancara kerja, maka hal itu merupakan salah satu pencapaian tersendiri. Setidaknya, Anda memiliki pengalaman baru dalam menghadapi sesi pewawancara.
Anda juga dapat membuat perayaan sederhana sendiri seperti menyiapkan makan malam istimewa ataupun menonton film favorit anda. Perayaan kecil tersebut akan membuat Anda semakin termotivasi untuk mencapai target serta tujuan yang lebih tinggi.
Terkadang, adakalanya bagi anda Anda untuk berhenti sejenak dalam melakukan pencarian kerja. Pada masa jeda tersebut, lakukan segala aktivitas yang tidak berhubungan dengan proses pencaharian kerja. Ketika pikiran sudah kembali jernih, maka Anda akan merasa bersemangat untuk kembali terjun ke dunia persaingan kerja.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.