Buat yang selama ini aktif main Facebook, kami akan ulas tentang 15 Fitur Rahasia Facebook Yang Tersembunyi.

Gak terasa, Facebook kini dalam perjalanan menuju usia 15 tahun. Sebagai salah satu jejaring sosial paling populer, Facebook tentunya gak ketinggalan menawarkan berbagai fitur seru dan menarik buat dinikmati para penggunanya.

Tahukah kamu wahai para pengguna kalo selama ini ada banyak banget fitur di Facebook? Buat kamu yang selama ini Facebook-an untuk sekedar update statusgalau atau kepoin mantan, kali ini kami akan kasih tau kamu 15 Fitur Rahasia Facebook Yang Tersembunyi.

15 Fitur Rahasia Facebook yang Belum Kamu Ketahui


1. Facebook Pantau Kamu

fitur-rahasia-facebook-1

Layaknya Google, Facebook juga bisa memantau kamu lho. Lewat aktivitas kita di Facebook seperti apa aja yang kita klik atau history kita, Facebook akan menganalisanya untuk kemudian memberikan rekomendasi.

2. Matikan Fitur "Seen"


Satu fitur rahasia Facebook yang pastinya berguna buat kamu. Buat kamu yang gak suka dengan fitur "Seen" yaitu dimana orang lain bisa mengetahui apakah chatnya sudah dibaca atau belum oleh kita, kamu bisa mematikannya.
fitur-rahasia-facebook-2
Dengan menggunakan extension Google Chrome bernama "SocialReviver", kini orang lain gak akan tahu apakah kamu sudah baca chat-nya atau belum.

3. Blok Aplikasi


fitur-rahasia-facebook-3

Sering mendaftar aplikasi untuk ikut program tertentu seperti kuis? Kamu bisa blok aplikasi-aplikasi tersebut dengan langkah berikut: Pilih "Settings" > Klik "Privacy" > Klik "Blocking" > Pilih "Block App" > Masukkan nama aplikasi yang mau diblok.
 

4. Monopoli Facebook


fitur-rahasia-facebook-4

Ternyata, rekomendasi atau iklan yang ada di paling atas beranda kita adalah yang membayar biaya iklan paling banyak. Dengan kata lain, isi timeline kita dipengaruhi oleh jumlah uang.


5. Semua Bisa Di-private Kecuali "Gender" dan "Cover Photos"


fitur-rahasia-facebook-5

Fitur rahasia Facebook yang tergolong penting. Segala informasi yang ada di akun Facebook kamu bisa dijadikan private supaya gak diketahui orang lain. Semua bisa kecuali dua hal yaitu informasi mengenai gender/jenis kelamin dan foto cover.


6. Share Tanpa Link


fitur-rahasia-facebook-6
Kamu yang hobi like and share, maksudnya love and share artikel atau video menarik tentu harus tau fitur yang satu ini. Kamu bisa share postingan apa pun tanpa mencantumkan link sehingga tampilannya jadi lebih elegan.


7. Ketahui Aktivitas Hacker


fitur-rahasia-facebook-7

Hacking memang lagi marak-maraknya. Gak mau kan akun Facebook kamu jadi salah satu korbannya? Lacak keberadaan hacker di akun kamu dengan langkah berikut: Pilih menu "Settings" > pilih "Security folder" > Klik "Where You re Logged in".


8. Bahasa Bajak Laut


fitur-rahasia-facebook-8

Kamu ingin Facebook kamu menggunakan bahasa ala-ala bajak laut? Bisa! Kamu tinggal memilih bahasa "English (pirate)". Maka kamu langsung bisa ber-Facebook-ria dengan isi percakapan macam "Ahoy!" atau "Aye Aye Captain".


9. Simpan Posting-an yang Ada di Facebook


fitur-rahasia-facebook-9

Kamu suka banget sama beberapa postingan yang kamu lihat di timeline? Gak perlu khawatir terlewat karena kamu bisa menyimpannya di profil kamu sendiri. Cukup dengan klik "save link"seperti pada gambar di atas.


10. Atur Berita yang Tampil di Beranda


fitur-rahasia-facebook-10

Banyak banget berita hoax berkeliaran. Kamu kini bisa mengatur referensi berita yang akan muncul di timeline kamu. Cukup klik "Settings", lalu atur akun apa saja yang bisa tampil di timeline kamu.


11. Ubah Tampilan/Gaya Facebook


fitur-rahasia-facebook-11

Bosan sama tampilan Facebook yang gitu-gitu aja? Kamu bisa mengubahnya jadi lebih 'flat'. Kamu bisa menggunakan salah satu dari dua opsi extension Google Chrome berikut, yaitu Flatbook atau Stylish.
 


12. Inbox Tersembunyi


fitur-rahasia-facebook-12

Inbox biasa aja sebenarnya sudah merupakan fitur rahasia yang gak bisa diketahui orang lain selain kita sendiri. Tapi ternyata ada lagi yang lebih rahasia, yaitu inbox tersembunyi. Inbox tersembunyi itu terletak di kolom "Message Request".


13. Bahasa Terbalik


fitur-rahasia-facebook-13

Selain bajak laut, kamu bisa mengubah bahasa di Facebook kamu jadi lebih seru dengan upside down atau bahasa terbalik. Caranya sama seperti bahasa bajak laut, kamu tinggal pilih dan ubah bahasanya seperti pada gambar di atas. Salah satu fitur rahasia Facebook yang seru, bukan?


14. Buat Posting-an Super Besar


fitur-rahasia-facebook-14

Kamu termasuk seorang blogger yang doyan mem-posting artikel panjang dan berukuran besar? Gak perlu takut karena di Facebook kamu bisa mem-posting apa pun dengan ukuran super besar. Kamu tinggal menuju ke facebook.com/notes atau klik "Write a note" seperti pada gambar di atas.


15. Wasiat untuk 'Penerus Tahta' Akun Facebook


fitur-rahasia-facebook-15

Kita gak tau kapan kita meninggal. Facebook dengan mulia menawarkan fitur "Legacy Contact"yang memungkinkan orang lain (orang kepercayaan) untuk mengambil alih akun kita saat kita sudah wafat.


Akhir Kata

Itulah 15 fitur rahasia Facebook yang belum kamu ketahui. Buat kamu yang selama ini aktif di jejaring sosial punya Mark Zuckerberg ini tapi baru tau fitur-fitur rahasia di atas, selamat mencoba!